Pelindo III Kenalkan Maritim dan Pelabuhan pada 4.030 Siswa SMA/SMK

By Admin

Pelindo III bersama siswa SMA (Foto: Pelindo III) 

nusakini.com - Pelindo III menugaskan kepada para pimpinan perusahaan di daerah (General Manager-red) untuk tampil menjadi guru pada17 SMA/SMKyang tersebar di tujuh wilayah Provinsi di Indonesia yang merupakan wilayah kerja Pelindo III. Hal itu dimaksudkan untuk memperkenalkan kemaritiman dan peran Pelindo III sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan kepelabuhanan kepada para generasi muda. Kegiatan yang bertajuk BUMN Mengajar itu berlangsung serentak di 17 SMA/SMK di 17 kota di provinsi yang menjadi wilayah kerja Pelindo III, dengan jumlah siswa yang terlibat setidaknya mencapai 4.030 siswa SMA/SMK, Senin (31/10/2016) lalu.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto menyebut kegiatan BUMN Mengajar merupakan bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang telah berlangsung sejak akhir Juli lalu. Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN tersebut bertujuan untuk mendekatkan perusahaan BUMN kepada masyarakat. Untuk itu, Pelindo III menyasar pada sekolah-sekolah yang berada di sekitar pelabuhan sebagai tujuan mengajar bagi masing-masing General Manager di daerah.

“Setiap General Manager tampil di hadapan sekitar 250 orang di masing-masing sekolah. Mereka memperkenalkan Pelindo III dan memberikan motivasi kepada para siswa agar menjadi generasi penerus bangsa yang unggul,” katanya.

Toto menyebut jika BUMN merupakan agen pembangunan bangsa. Para pengajar juga menjelaskan mengenai posisi Pelindo III dalam perekonomian nasional. Nilai-nilai kepemimpinan dan kejujuran juga menjadi materi yang disampaikan kepada para siswa. Para General Manajer juga memberikan semangat dan motivasi untuk belajar lebih giat kepada para siswa, menjauhi narkoba dan mengisi dengan kegiatan yang positif agar dapat meraih cita-cita dan masa depannya.

“Kami berharap para siswa ini memiliki semangat untuk mengejar masa depan sesuai dengan cita-cita dan harapan mereka masing-masing. Para General Manager ini bisa menjadi contoh bahwa jika mau berusaha dan sungguh-sungguh dalam bekerja, maka kesuksesan itu dapat diraih,” lanjutnya.

Lebih lanjut Toto mengatakan kegiatan BUMN Mengajar sekaligus menjadi pengalaman pertama bagi para General Manager untuk menjadi pengajar di sekolah. Selama ini mereka dihadapkan pada rutinitas pekerjaan dan target-target dari perusahaan.

“Ini menjadi menarik karena para General Manager tidak memiliki latar belakang mengajar. Mereka harus bisa menjadi bintang di panggung BUMN Mengajar dengan pengalaman hidup dan kepemimpinan mereka,” imbuhnya.

General Manager Pelindo III Tanjung Perak, Joko Noerhudha yang ditugaskan untuk menjadi pengajar di SMA Negeri 1 Surabaya mengaku menjadi pengajar di hadapan pelajar SMA bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, penyampaian materi secara ringkas dan mudah dimengerti menjadi tantangan yang harus dihadapi ketika berada di hadapan para siswa. Pengetahuan para siswa tentang kepelabuhanan yang terbatas menjadi penyemangat agar pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh para siswa.

“Menyampaikan kepada stakeholder di Pelabuhan lebih mudah karena mereka telah mengetahui dan memahami tentang kepelabuhanan. Sementara bagi para siswa, informasi maritim dan kepelabuhanan bisa jadi yang pertama bagi mereka,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menyambut baik kegiatan BUMN Mengajar yang dilaksanakan oleh Pelindo III di SMA Negeri 1 Surabaya menyebut kegiatan tersebut dapat memberikan informasi dan pengetahuan bagi para siswa di luar kurikulum sekolah yang diajarkan selama ini.

“Apa yang dilakukan Pelindo III dapat menambah wawasan dan motivasi bagi para siswa sebagai bekal kehidupan mereka di masa yang akan datang,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Pelindo III juga menyerahkan bantuan fasilitas pendidikan mencapai lima ratusan juta atau rata-rata sekitar tiga puluh juta pada setiap sekolah yang menjadi lokasi Pelindo III Mengajar. Kegiatan BUMN Mengajar merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN.

Lokasi Pelaksanaan BUMN Mengajar dilaksanakan oleh Pelindo III diantaranya SMA Negeri 1 Surabaya, SMA Negeri 3 Tegal, SMA Negeri 14 Semarang, SMA NU 1 Gresik, SMA Negeri 1 Cilacap, SMA Negeri 1 Probolinggo, SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi, SMA Negeri 1 Gerokgak Singaraja, SMA Negeri 5 Denpasar, SMA Negeri 1 Lembar, SMK Negeri1 Bima, SMA Negeri 1 Maumere, SMA Negeri 1 Kupang, SMA Negeri1 Pangkalan Bun, SMA Negeri 1 Sampit, SMA Negeri 2 Banjarmasin, SMA Negeri 2 Kotabaru. (p/mk)